Sabtu, 28 November 2015

Bimtek Cyber Extension Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro: Petani Melek IT


Peserta Sedang Belajar Aplikasi Online Cyber Extension
Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro bekerjasama dengan BLC Telkom Bojonegoro menyelenggarakan Bimbingan Teknis(Bimtek) Cyber Extension. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai hari senin sampai Jum'at, 23 - 25 November 2015 bertempat di Ruang BLC Telkom Bojonegoro. Kegiatan diikuti 196 orang peserta dari Para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) perwakilan 28 Kecamatan di Bojonegoro. Setiap kecamatan mengirimkan 7 orang peserta dari unsur PPL dan Gapoktan. 

Narasumber pertama, Mas Shela BLC Telkom Bojonegoro
Pemateri dari kegiatan ini ada 2 narasumber, pertama, Mas Selamet, atau lebih dikenal dengan Mas Shela, Pengelola dan Trainer BLC Telkom Bojonegoro.  Dia mengenalkan manfaat internet bagi dunia pertanian dan praktek langsung bagaimana para petani dan penyuluh memanfaatkan internet untuk kebutuhan mereka.

Narasumber kedua, Bapak Eko Fendy Baskoro, BBPP Batu, Malang Raya
Narasumber kedua, Bapak Eko Fendi Baskoro, dari Balai Besar Pelatihan Peternakan(BBPP) Kota Batu. Beliau mengenalkan kepada petani aplikasi online Cyber Extension (Cybex) yang dikembangkan oleh Kementrian Pertanian RI. Aplikasi ini dirancang untuk sharing ilmu, sharing kegiatan sekitar pertanian dan perkembangannnya, mulai dari Pusat hingga ke tingkat Kecamatan. Para Peserta diminta untuk aktif dalam memanfaatkan aplikasi tersebut untuk bercerita tentang pengalaman bertani dan bercerita tentang kegiatan yang telah diikuti dan sedang direncanakan. Harapan pemerintah dengan aplikasi ini semua petani bisa melek IT dan memanfaatkan IT untuk kemakmuran mereka. Ayoo manfaatkan IT untuk sebesar besarnya kemakmuran para petani.

0 komentar :

Posting Komentar