Kamis, 05 Maret 2015

Panduan Pendataan MUTU PAUDNI 2015

Berikut Cara Pengerjaan entry data Pemetaan Mutu Paudni 2015.
Pendataan ini dilakukan oleh setiap lembaga PAUD yang disarankan agar diwakili oleh pimpinan lembaganya. Untuk mempermudah entry silahkan download dulu Instrumen pengisian lembaganya pada link berikut ini sesuai satuan masing - masing.

Untuk Melakukan Pendataan Online MUTU PAUDNI 2015, ikuti Langkah - langkah berikut ini.
1. Bukalah website Dirjen Paudni Kemdikbud RI di alamat ini: www.paudni.kemdikbud.go.id
2. Selanjutnya Klik Menu di Kanan Pemetaan Mutu seperti Gambar berikut.
Menu Utama Website Dirjen PAUDNI

3. Akan muncul menu berikut ini, silahkan pilih dengan cara klik menu Tahun 2015
Daftar Pilihan Menu pendataan Mutu per tahun

4. Selanjutnya akan masuk ke halaman utama pendataan Online MUTU PAUDNI.

5. Agar nama lembaga masing - masing bisa masuk ke Database Pemetaan Mutu Paudni 2015, silahkan daftarkan dulu nama lembaganya dengan mengikuti langkah - langkah berikut.
Setelah membuka website Paudni Pada Menu Website Paudni, klik Pemetaan Mutu, kemudian dibelakang 2015/ ketikkan kata "lembaga" huruf kecil semua, seperti gambar di bawah ini.

setelah ketik kata 'lembaga' kemudian enter, maka anda kan memilih menu sperti di atas, sesuaikan dengan Regional BP PAUDNI lembaga anda, untuk wilayah propinsi Jawa Timur ikut BP PAUDNI Regional 2 Surabaya, silahkan di KLIK, kemudian ikuti tahapan berikutnya.

6. Input Data Lembaga, isi Propinsi dan Kabupaten, Jenis Lembaga dengan cara memilih menu yang tersedia, seperti gambar berikut:
Input Data Propinsi
Input Nama Kabupaten
Input Jenis lembaganya, Sesuaikan dengan Induk lembaga masing - masing, jika satuan Paudnya ikut yayasan silahkan isi dengan yayasan, jika ikut desa silahkan diisi dengan desa, sesuaikan dengan kondisi lembaga masing - masing.
7. Berikutnya, Nama Lembaga silahkan ketik Manual, saran silahkan memakai huruf besar semua dan ditambagi nama desa dimana lembaga itu berada, ini untuk membedakan dengan lembaga lain yang kemungkinan ada nama yang sama.
input manual nama lembaga
Langkahnya: Ketik manual nama lembaga, Klik submit dan jika isian sudah kembali kosong berarti data nama lembaga sudah berhasil dikirim ke database Pemetaan Mutu 2015. Selanjutnya klik SELESAI, menu akan dibawa ke halaman utama Pemetaan Mutu 2015.
CATATAN: Untuk nama lembaga yang diketikkan manual, kelemahan dari pendataan ini tidak bisa membaca petik/koma di atas, contoh: KB AL ASY'ARI, POS PAUD 'AISYIYAH, petik satu tersebut apabila diketikkan ke pendataan ini maka nama lembaga tersebut akan gagal menyimpan. Saran, ketiklah tanpa petik jika lembaga Anda ada petiknya agar data nama lembaga bisa tersimpan di database.
Proses memasukkan nama lembaga ke database selesai, ingat, hanya sekali saja proses memasukkan nama lembaga ini ke database, jangan diulang berkali kali karena akan menyebabkan ganda atau lebih dari satu nama lembaga anda di pendataan ini.

8. Selanjutnya proses daftar untuk mendaftarkan akun lembaga agar memperoleh user dan password di Pemetaan mutu ini, silahkan klik Daftar,

Halaman Utama Pemetaan PMutu Paudni 2015
 Kemudian silahkan lengkapi Formulir yang tersedia,
Lengkapi Isian Form tersebut.
Keterangan:
  1. User : form ini silahkan diisi dengan user yang akan digunakan nanti buat login/masuk di pendataan ini, disarankan huruf kecil semua dan tidak boleh ada spasi, lihat petunjuk di bawah isiannya, JANGAN LUPA DICATAT di buku catatan pentingnya.
  2. Password : Silahkan diisi password/sandi yang akan digunakan untuk login/masuk pada pendataan ini, tips: pakailah huruf kecil semua, yang mudah diingat dan pastikan DICATAT di dalam buku catatan penting masing - masing lembaga.
  3. Re-Enter Password : silahkan ketikkan kembali apa yang anda ketikkan di form Password, harus sama dengan yg diketikkan sebelumnya.
  4. Nama Kelompok : silahkan diisi dengan Nama Lembaga Anda, saran, silahkan memakai huruf besar semua/Kapital boleh pake spasi.
  5. Alamat: silahkan isi sesuai dengan alamat lengkap lembaga masing - masing.
  6. Regional : Silahkan dipilih regional BPPAUDNI Anda masing - masing, contoh: untuk Wilayah Jawa Timur Pilih BP PAUDNI Regional 2 Surabaya.
  7. Provinsi : Pilihlah Provinsi dimana satuan PAUD anda berada.
  8. Kabupaten/Kota : Pilih Kabupaten/Kota satuan Paudni Anda.
  9. Jenis Lembaga : Pilihlah jenis lembaga yang sesuai dengan satuan anda.
  10. Lembaga : Pilih Lembaga yang ada,menunya seperti gambar berikut:
  11. Program : silahkan pilih programnya, pilihannya: Paud, Kursus dan Dikmas
  12. Jenis Ketrampilan : ini khusus bagi lembaga kursus
  13. Jenis Program : pilihlah jenis programnya
  14. Email : Silahkan isi email lembaga yang masih aktif dan masih bisa dibuka emailnya.
  15. Submit : silahkan Klik submit jika isian form sudah benar dan lengkap. saran, cek kembali dari atas, sebelum klik "submit".  PASTIKAN!! user dan password sdh tercatat rapi dan Jangan sampe Hilang.
Berikut salah satu contoh form yang sudah diisi dengan lengkap milik TK ABA Percontohan Kota Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Contoh Form isian TK ABA Percontohan Kabupaten Bojonegoro.
9. Jika Formulir sudah benar dan sudah disetujui maka akan langsung berhasil pendaftarannya. Cirinya ada menu 'Log Out"
Muncul menu Logout jika sudah berhasil

10. Untuk Mulai pendataan Mutu Paudni 2015, silahkan dilanjutkan dengan klik menu " Pengisian Instrumen" jika ingin membaca petunjuknya silahkan klik menu "Petunjuk Pengisian"
Menu untuk memulai pendataan Mutu Paudni 2015
 11. Selanjutnya akan ada peringatan untuk melengkapi 8 standar proses agar pendataan mutu ini bisa diverivikasi oleh BP PAUDNI.

 12. Akan ada 8 standar mutu yang akan diisi oleh masing - masing lembaga sampe tuntas, agar bisa diverivikasi oleh BP PAUDNI masing - masing regional. berikut salah satu contoh form standart isi dari salah satu 8 standar yang telah ditentukan.
Contoh salah satu form standar isi
Isilah sampe tuntas sesuai dengan kondisi dan keadaan setiap lembaga satuan paudni masing - masing.

13. Untuk proses penyimpanan hasil pemetaan mutu ini silahkan pada halaman utama klik menu "Instrumen Terisi" dan silahkan ikuti langkahnya dan simpan/eksport pdf masing - masing standar sampe 8 standar ke bentuk File PDF. Jadikan satu folder dengan nama folder lembaga masing - masing untuk arsip maupun disetor ke Dinas Pendidikan masing - masing.

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat buat operator satuan PAUD di lingkungan masing - masing. Tetap Semangat dan tetap berkarya untuk pendidikan indonesia yang lebih baik lagi. (shela)

1 komentar :